Pukat Harimau Banyak Tangkap Ikan Dekat Pantai,Nelayan Tradisional Pantai Cermin Minta Kapoldasu Turun Tangan Tertibkan

By Sinarsergai Mei 24, 2024
Teks foto : Syahri nelayan tradisional di Desa Kuala Lama Kecamatan Pantai Cermin, Sergai, Jum'at (24/5/2024)

SERGAI,Sinarsergai.com – Keresahan nelayan tradisional Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai),Sumatera Utara (Sumut), terhadap Kapal Pukat Harimau yang semakin hari semakin banyak melaksanakan aktivitas menangkap berbagai jenis ikan dekat dengan pantai. Pukat Harimau ini mengunakan jaring yang cukup besar berbentuk Kerucut dan di tarik oleh beberapa kapal mesin. Setiap hari menangkap ikan di areal dekat bibir pantai diperkirakan hanya 1-2 mil dari bibir pantai.

Bebasnya Pukat Harimau beroperasi mengakibatkan nelayan tradisional semakin terpuruk, hasil penangkapan dan pendapatan jauh berkurang. Kondisi itu dapat mengancam keberlanjutan kehidupan keluarga nelayan. Dampaknya nanti, banyak pengangguran dan anak nelayan yang tidak lagi bersekolah karena ketidak mampuan ekonomi.

“Nelayan tradisional di Kecamatan Pantai Cermin sangat mengharapkan Pemerintah Pusat, Propinsi Sumut dan Kabupaten Sergai dapat menolong untuk menertibkan Kapal Pukat Harimau dan Apung yang sangat bebas beroperasi di areal penangkapan ikan nelayan tradisional persis di dekat Pantai Cermin.” Ujar Syahri (53) nelayan jarring Udang berdomisili di Desa Kuala Lama Kecamatan Pantai Cermin, Jum’at (24/5/2024).

Teks foto : Syaiful nelayan tradisional di Kecamatan Pantai Cermin, Sergai, Jum’at (24/5/2024)

Pak Kapoldasu mohon kami nelayan tradisional yang lemah dan tidak berdaya ini dibantu dengan turun langsung ke lapangan.Sebab, emosi para nelayan tradisional sepertinya tidak dapat dibendung lagi jika terus dibiarkan Kapal Pukat Harimau, Apung masih bebas beroperasi di perairan laut 2 mil dari bibir pantai.

Diharapkan pihak penegak hukum Poldasu cepat tanggap dan dapat memberikan pemahaman kepada semua pengusaha Kapal Pukat Harimau agar nahkodanya tidak lagi berlabuh (Menangkap ikan) di dekat bibir Pantai Cermin. “Nelayan tradisional yang hanya mencari sesuap nasi sudah sangat resah bercampur emosi. Untuk itu tolong la Paka Kapoldasu bantu kami nelayan tradisional yang lemah ini.Ucap Syaiful nelayan tradisional di Kecamatan Pantai Cermin.(R-04)

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *