Bupati Sergai Apresiasi Program Pembangunan 100 Musholla di Sekolah Negeri

By Administrator Des 31, 2021

Sergai,Sinarsergai.com – Bupati Kabupaten Serdang Bedagai Darma Wijaya mengapresiasi pelaksanaan program Gerakan Seratus Musholla Sekolah (Geser Muse) oleh Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai),Dumatera Utara (Sumut).

“Program Geser Muse ini sangat baik dan membantu Pemerintah Kabupaten Sergai dalam mewujudkan visi yang ingin menjadikan Sergai Maju Terus (Sejahtera, Mandiri dan Religius).”
Ujar Bupati Sergai H. Darma Wijaya pada acara peletakan batu pertama pembangunan Musholla Fathul Ilmi 2 di SDN 102116 Gunung Pamela Kecamatan Sipispis, Jumat (31/12/2021).

Pembangunan Musholla ini akan lebih mudah dilaksanakan dengan cara bergotongroyong, begitu juga dalam hal pembiayaan.” Biaya yang besar untuk setiap pembangunan Musholla itu akan menjadi kecil, apabila dana tersebut dikumpulkan dengan bergotongroyong.”

Bupati mengharapkan dan mendukung sepenuhnya pembangunan satu unit Musholla setiap satu bulan selesai dibangun. Sehingga target yang ingin dicapai dapat selesai. Beber Darma Wijaya.

Sementara itu, Muhammad Ramli Ketua Geser Muse mengatakan, program ini berangkat dari keprihatinannya dengan tidak adanya musholla di sekolah negeri.

“Pembelajaran agama ini harus punya pendukung. Harapannya praktik yang dilakukan di kelas, bisa didukung dengan kehadiran Musholla,” katanya.

Dijelaskannya Ramli bahwa program Geser Muse sudah membangun satu Musholla dengan nama Fathul Ilmi 1 di Desa Pematang Sijonam Kecamatan Perbaungan.

“Mushola pertama kita bangun di SDN 107826 Pematang Sijonam pada 7 Oktober 2021 sekaligus pencanangan gerakan Geser Muse,” katanya.

Adapun target yang ditetapkan untuk menuntaskan masalah yang selama ini belum berhasil terselesaikan, kini sudah bisa diselesaikan untuk tahun 2022 nanti.

Ia juga mengharapkan dukungan Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas Pendidikan. “Bukan hanya program Musholla, kami juga berharap di sekolah-sekolah bisa diterapkan infaq setiap Jumat,” katanya.

Nada, dukungan positif telah disampaikan secara lisan kepada Kepala Dinas Pendidikan Suwanto S.Pd, pihaknya sangat mendukung penuh dan meningkatkan sisi religus anak didik dengan penerapan infaq pada Jumat. Gerakan ini pun akan direalisasikan mulai tahun 2022.

“Dinas Pendidikan Sergai sangat merespon positif program Gerakan Seratus Musholla Sekolah ke depannya, menindaklanjuti bukan hanya siswa beragama muslim, tapi akan kita terapkan juga dengan tenaga pendidik di SD dan SMP.” pungkasnya.(R-03)