KBIH Pemprovsu Konsolidasi ke Raudah dan Ziarah ke Makam Rasulullah SAW

By Administrator Jun 11, 2023

MADINA,Sinarsergai.com- Petugas Haji Daerah Klotet 14 yang ditunjuk Pemprovsu H Afifi Lubis mengajak semua calon jamaah haji dapat mempersiapkan fisik dan mengamalkan segala ilmu selama bimbingan haji guna memantapkan kenikmatan dalam beribadah.

Hal itu dinyatakan ketika menyampaikan pengarahan pada kegiatan konsolidasi Calon Haji Kelompok Bimbingan Haji (KBIH) Pemprovsu, Minggu (11/6) di kota Madina.

Turut hadir dalam.konsolidasi ini Tuan Guru Besilam Dr Zikmal Fuad , Prof Dr Zainal Arifin Zakari dan H Muthalib Siregar (Keduanya PPIH) Ketua KBIH Pemprovsu Basyarin Tanjung, Ustadz H Sakhira Zandi dan Ustadz Fadli Sudiro (PHD), Ketua Kloter 14 Abdul Fatah, Tim Kesehatan dr Sri dan Ketua Rombongan H Eddy Syofian.

Lebih lanjut Afifi Lubis menjelaskan pesan Gubsu Edy Rahmayadi agar jangan memaksakan diri tanpa melihat kondisi fisik dan kesehatan.

“Yang tahu kondisi fisik kita adalah diri kita sendiri,” ujarnya mengutip pesan Edy Rahmayadi.
Dikatakannya setiap calon haji yang Sholat di Masjid Nabawi keinginan utamanya bisa Sholat dan berdoa di Raudah serta berziarah ke makam Rasulullah Nabi Muhammad SAW.

Afifi menjelaskan pada musim haji saat ini pihak Pemerintah Arab Saudi telah menetapkan setiap.kunjungan ke Raudah berdasarkan jadwal.kunjungan yang ditetapkan melalui pendaftaran aplikasi.

Hal ini dilakukan mengingat tingginya animo calon ke Raudah tersebut guna menghindari krodit dan berdesakan yang bisa mengganggu kekhusukan beribadah. “Mari kita ikuti aturan yang berlaku,” ajak Afifi Lubis.

Sementara itu Tuan Guru Besilam Dr Zikmal Fuad menyatakan pelayanan jamaah haji Sumut tahun ini jauh lebih baik dan tertib.
Dia berterima kasih kepada Gubsu dan Kementerian Agama. Sumut yang memberi perhatian yang baik.

Dia berharap di tahun depan manajemen dan pelayanan haji lebih ditingkatkan guna mewujudkan rasa puas dan kenyamanan calon haji.

“Saya berterima kasih kepada Gubsu Edy Rahmayadi yang selama kepemimpinannya tidak hanya fokus untuk peningkatan pelayanan haji melainkan segala aspek pembangunan. Kita doakan pak Gubsu tetap amanah dan sehat,” ajak Tuan Guru Besilam seraya memesankan kepada jamaah haji Sumut agar tetap menjaga kesehatan dan mengamalkan fiqih haji untuk persiapan puncak haji di Arafah.

Ketua KBIH Pemprovsu Basyarudin Tanjung menjelaskan KBIH Pemprovsu agar terus berusaha meningkatkan pelayanan calon haji mulai manasik hingga selama berada di Tanah Suci.

“Kami tetap menjaga amanah bapak Gubsu jangan sampai calon haji tidak dilayani dengan baik,” ujar Asisiten Pemerintahan Pemprovsu.

Sementara itu Ketua Rombongan H Eddy Syofian melaporkan jumlah calon haji KBIH Pemprovsu tergabung Kloter 14 berjumlah 45 orang selama 6 hari di Madinah Alhamdulillah dalam keadaan sehat walafiat.

Rombongan Kloter 14 InsyaAllah akan menuju Mekkah tanggal 15 Juni 2023 hingga pada 8 Zulhijjah menuju Arafah. Selama di kota Madina calon haji sudah mengunjungi Masjid Quba, Masjid Qiblaten, Jabal Uhud.

Sedangkan di kota Mekkah nantinya InsyaAllah calon haji KBIH Pemprovsu juga akan berwisata religi ke Jabal Nor, Jabal Tsur, Arafah, Mina, Musdalifah, menyaksikan pemotongan domba untuk pembayaran DAM dan melaksanaka Umroh sunah dengan micot di Tan’im dan Ja’ronah serta berkunjung ke Kota Tha’if.

“InsyaAllah kami ingin menapaktilasi perjalanan dakwah Rasulullah SAW,” ujar Eddy Syofian.(MD/R-03/ril)