450 Personel Batalyon Infanteri 121/MK Akan Diseleksi untuk Misi Perdamaian PBB di Kongo

By Administrator Feb 26, 2021

Deli Serdang,Sinarsergai.com – Komandan Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian Tentara Nasional Indonesia (PMPP-TNI), Mayjen TNI Victor Hasudungan Simatupang, M.Bus, melakukan kunjungan ke Markas Batalyon Infanteri 121/Macan Kumbang di Desa Jaharun B, Kecamatan Galang, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Kamis, (25/2/2021)

Kunjungan ini bertujuan untuk melaksanakan Pre Recruitment Mobile Personel Main Body Satgas BGC TNI Kongo XXXIX-D Manusco Kongo, yakni salah satu tahapan untuk menyiapkan pengiriman prajurit TNI sebagai pasukan perdamaian dibawah naungan PBB.

Satuan Batalyon Infanteri 121/Macan Kumbang terpilih menerima misi perdamaian (Peacekeeper) PBB usai menjalankan misi Pengamanan Perbatasan RI-PNG dengan prestasi terbaik pada tahun 1963 silam.

Atas dasar hasil tersebut nantinyan satuan di bawah pimpinan Letkol Inf Ery Partahi H. Siregar itu akan menjalankan misi perdamaian di Manusco, Kongo mewakili TNI dan Indonesia.

Mayjen TNI Victor Hasudungan Simatupang, M.Bus dalam keterangannya menyampaikan bahwa sebagai pasukan khusus yang akan menjalankan misi perdamaian, maka harus dilakukan seleksi dengan baik sehingga menghasilkan prajurit handal yang mampu melaksanakan tugas dengan penuh tangungjawab.

Seleksi proses penyaringan prajurit-prajurit yang handal tersebut rencananya akan diselenggarakan pada Juli 2021 mendatang. Adapun beberapa materi yang diseleksi diantaranya tes kesehatan, psikologi, bahasa, serta pengetahuan mengenai proses komunikasi yang akan digunakan di daerah penugasan.

“Ikuti tes dengan baik, maksimalkan potensi yang dimiliki sesuai dengan keahlian masing-masing, ini adalah kesempatan baik bagi prajurit,” jelas Victor.

Jenderal bintang dua itu juga mengungkapkan, bahwa prajurit yang terpilih juga sebagai duta bangsa dalam melaksanakan pasukan perdamaian yang akan diberangkatkan pada Januari 2022.

“Setelah kita lakukan seleksi, maka pasukan perdamaian terus kita berangkatkan ke Manusco, Kongo dengan fasilitas yang disiapkan dari atas kepala hingga ujung kaki,” beber Mayjen Victor.

Apalagi, sambung Victor, prestasi membanggakan yang pernah ditorehkan Batalyon Infantri 121/Macan Kumbang ini pada tahun 1963 yang lalu, yang menjadi modal personel batalyon tersebut diberangkatkan sebagai pasukan perdamaian di Kongo.

“Prestasi Batalyon Infantri 121/Macan Kumbang juga pernah ditunjukan pada 58 tahun yang lalu yaitu tahun 1963 silam ikut diberangkatkan sebagai pasukan perdamaian,” pungkas Mayjen TNI Victor Hasudungan. (R- 02)

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *