Walikota Tebing Tinggi Buka Kampung Siaga Bencana

By Administrator Mar 17, 2021

Tebing Tinggi,Sinarsergai.com – Walikota Tebing Tinggi Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan, MM menyampaikan bahwa Kampung Siaga Bencana ini mengharapkan partisipasi dari masyarakat untuk membantu mengurus saudara- saudaranya yang ada disitu, maka dalam hal ini diperlukan koordinasi dan sinergitas secara baik antara warga di kampung. 

Sebenarnya basis kita di kampung atau lingkungan itu kuat karena sudah solid berdasar ikatan emosional, contoh ada pengajian dan partangiangan, sekarang  tinggal kepala lingkungan mengumpulkan tokoh – tokoh ini supaya mau bekerjasama mencapai tujuan tersebut. Hal ini dikemukakan oleh Walikota Tebing Tinggi Umar Zunaidi ketika menjadi narasumber dalam kegiatan koordinasi, sosialisasi dan pembentukan Kampung Siaga Bencana (KSB), yang diprakarsai Dinas Sosial Kota Tebing Tinggi, Rabu (17/3/2021) di Gedung Hj. Sawiyah Nasution, Jalan Sutomo.

Masih kata Walikota, kampung atau kelurahan yang membentuk kecamatan, maka kita lakukan ini berbasis kampung. Ketiga ini mendekatkan pelayanan yang lebih cepat, tepat terhadap masyarakat dan yang bekerja di kampung itu tetap juga masyarakat. 

Tentuya hal ini didasari konsolidasi organisasi pemerintah yang kuat itu dimulai dari kampung atau kelurahan dalam hal ini dengan perangkat sosial di dalamnya.Aman rumah tangga, Lingkungan, Kelurahan dan Aman Kecamatan, maka ketahanan dan pertahanan yang utama itu adalah keluarga dan lingkungan. Ujar Walikota. 

“Kita berharap kepada seluruh Lurah dan kepada Keamanan Lingkungan (Kepling) agar kiranya berswadaya untuk menggerakan masyarakat supaya bisa mau ikut di Kampung Siaga Bencana ini dan kami juga menyatakan telah menghimbau kepada masjid – masjid untuk memantau lingkungannya apa bila ada terdampak Covid-19” harap Walikota.

Kiranya konsep Kampung Bencana sudah melakukan pemetaan terhadap daerahnya. Tidak hanya bencana karena alam, tapi karena penyakit seperti sekarang ini pandemi Covid-19 yang membutuhkan kerjasama partisipasi dan dibutuhkan kesadaran masyarakat.

Nah sebagai role model pembentukan Kampung Siaga Bencana yakni pada Kelurahan Bandar Utama dan Kelurahan Mandailing dan Kecamatan Tebing Tinggi Kota ditandai dengan penyerahan Surat Keputusan Walikota Tebing Tinggi.

Kegiatan ini dihadiri Sekda Kota Tebing Tinggi Muhammad Dimiyathi, S.Sos, M.TP, Kepala Seksi (Kasi) Bencana Alam Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Sumatera Utara Lihat Silalahi, BPBD Kota Tebing Tinggi. (RS).

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *