Cegah Penyakit, Peternak Berikan Vaksin Secara Teratur Kepada Sapi

By Sinarsergai Feb 26, 2024
Teks Foto : Sunardi dan Sumini berikan vaksin secara rutin kepaa Sapi peliharaannya.

Sergai,Sinarsergai.com- Memiliki ternak Sapi merupakan suatu tabungan bagi  peternak yang ada di Desa Mangga Dua Dusun IV Kebun Sayur . Harga jual Sapi ini kata Sunardi (60) dan istri Sumini (57) lumayan di angka belasan juta jika sudah cukup usia untuk di lelang,apalagi sebentar lagi akan memasuki bulan haji pastilah banyak warga yang berminat untuk membeli Sapi tersebut yang akan di jadikan sebagai hewan qurban. Ungkap keduanya yang merupakan pemilik 3 ekor Sapi, dalam perbincangan di sore Minggu, (25/02/2024).

“Untuk Vaksin sebut Sunardi, dilakukan 3 x dalam Tiga bulan. Vaksin itu berfungsi untuk mencegah beberapa penyakit ternak khususnya PMK ( Penyakit Mulut dan Kaki ),Demam, Cacar Monyet dan lain sebagainya.”

Vaksin biasa diberikan kepada Sapi oleh petugas Kesehatan Hewan Bambang Agus Trianto yang akrab di panggil Bambang Suntik Sapi. Untuk menjaga kesehatan dan kebugaran diberikan Jamu kepada Sapi sebelum mendapatkan vaksin. “Jamu yang diberikan kepada Sapi tersebut adalah jamu tradisional dengan bahan Kunyit dan Gula merah, dengan cara memasukkan jamu tradisional tersebut langsung ke dalam mulut Sapi.

Dampak dari Sapi yang tidak mendapat vaksin yaitu perkembangan kesehatan Sapi kondisinya bisa memburuk dengan ukuran tubuh yang lambat untuk membesar ( tapi terlihat kecil tidak sesuai dengan usianya) dan Sapi akan terlihat tidak segar. Selain itu, nafsu makan Sapi juga berkurang.Ujar Sunardi sembari mengatakan Sapi tidak bisa gemuk. (Yun)

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *