Program B2SA Berjalan Lancar di Desa Mangga Dua

By Sinarsergai Feb 27, 2024
Teks foto :Kepala Desa Mangga Dua melakukan Rembukan kembali dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumatera Utara, Selasa (27/2/2024)

Sergai,Sinarsergai.com- Setelah program B2SA (Bergam,Bergizi,Seimbang dan Aman) untuk tahap pertama selesai, Kepala Desa Mangga Dua melakukan Rembukan kembali dengan  Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumatera Utara yang hadir Renata Linda,SP  dan Dinas Ketapang Kabupaten Serdang Bedagai Julianti bersama pengurus PKK Desa Mangga Dua,Kecamatan Tanjung Beringin, di pimpin langsung oleh Ketua PKK Siti Rokaya yang juga istri Kepala Desa Mangga Dua.

Dalam kesempatan tersebut, Selasa (27/2/2024), Julianti menyampaikan, program B2SA tahap pertama Desa Mangga Dua memberi makanan kepada anak di bawah usia 5 tahun terdiri dari gizi buruk, kurang gizi maupun stunting sebanyak 40 orang anak. Selanjutnya dengan adanya program pemberian manfaat B2SA ini banyak anak yang sudah terpenuhi kebutuhan gizi,sehingga pada program B2SA lanjutan ini para kader melakukan pendataan ulang kembali terkait anak yang terdampak gizi buruk, kurang gizi, ataupun stunting.

Nah, berdasarkan hasil pendataan sebut Pendamping di Program B2SA Desa Mangga DuaYuni Mardewi, sudah dicatat untuk anak penerima manfaat dalam program B2SA di tahap lanjutan ini berjumlah 40 oang. Hasil pendataan ini sudah termasuk dari anak pada program B2SA yang pertama.Jelasnya.

Sedangkan ditahap pertama program pemberian manfaat belum semuanya dinyatakan terpenuhi kebutuhannya, karena melihat dari ukuran berat badan  dan tinggi badan anak masih naik turun. Hal ini diakibatkan karena anak sering mengalami sakit, seperti demam dan sebagainya yang berdampak terhadap nafsu makan anak menurun ,sehingga anak tersebut masih harus mendapatkan pemberian gizi yang baik pada program B2SA lanjutan.

Sementara Renata Linda,SP dari Dinas Ketahanan Pangan Sumut, disela-sela kegiatan mengatakan, pemberian manfaat ini dilakukan 3 kali dalam seminggu dan berlangsung selama 40 kali pemberian manfaat. Kegiatan pemberian manfaat ini akan dilakukan mulai bulan April 2024 di  minggu kedua dan berlangsung sampai bulan Agustus 2024. Adapun menu yang disajikan dalam program B2SA pemberian manfaat ini adalah Nasi putih,Susu UHT,Tempe goreng ,SOP daging dan jeruk. Menu akan terus berganti setiap minggu dan jika dirupiahkan dalam satu porsinya yaitu Cuma Rp 15.000  sampai Rp 20.000.Bebernya.

Sebelunya, Ketua PKK Desa Mangga Dua Siti Rokaya menuturkan bahwa program B2SA di Desa Mangga Dua ini sudah berlangsung sejak bulan September tahun 2023, pembagian  makanan pada program manfaat ini dilakukan di Gedung Bitra yang terletak di Dusun 1 Desa Mangga Dua, dengan cara menghadirkan anak-anak yang tercatat sebagai penerima manfaat di program B2SH ini.

Namun yang menjadi kendala adalah ketika peserta penerima pemberian manfaat ini tidak hadir, maka kader/petugas  akan mengantarkan makanan nya ke rumah anak anak yang tercatat sebagai  peserta penerima manfaat, dan petugas juga tidak lupa untuk mendokumentasikan setiap pemberian makanan yang dilakukan kepada anak penerima manfaat dalam program B2SA untuk bukti sebagai bahan laporan bahwa program telah di jalan kan dengan benar.(Yun)

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *